5 Alasan Mengapa Anjing Takut Kembang Api Dan Cara Mengatasinya

Bagi kebanyakan anjing, kembang api yang dibunyikan pada saat pergantian tahun ataupun beberapa hari raya dapat menjadi mimpi buruk bagi mereka. Banyak alasan yang menyebabkan mereka takut pada kembang api. Berikut 5 alasan menyebabkan anjing takut kembang api dan bagaimana cara mengatasinya:

Kembang Api Mengeluarkan Suara Yang Keras

Sebagian besar kembang api mengeluarkan semacam suara yang keras dan itu juga alasan mengapa kita suka memainkan kembang api. Namun suara-suara tersebut tentu mengejutkan anjingterutama karena ia memiliki indra pendengaran yang lebih tajam daripada manusia.

Yang bisa Anda lakukan adalah taruh ia di dalam ruangan jauh dari kebisingan misalnya di dalam kamar atau ruang tertutup. Anda juga bisa memainkan musik dengan alunan suara yang menenangkan untuk menutupi suara kembang api.

Kembang Api Datang Tanpa Peringatan

Hal-hal lain yang membuat anjing ketakutan datang dengan peringatan seperti kilat yang muncul ketika akan ada petir. Berbeda hal nya dengan kembang api, malam yang tenang dan hening tiba-tiba akan terganggu dengan suara yang acak, keras dan tanpa adanya peringatan. Suara-suara yang acak dan tiba-tiba tersebut akan mengejutkan anjing Anda dan membuat ia tidak nyaman.

Yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan melatihnya melalui suara kembang api yang direkam. Pelatihan ini memerlukan waktu yang lama dan seiring waktu Anda bisa memperbesar volume rekaman sembari memberi anjing Anda hadiah karena ia tetap tenang.

Kembang Api Menghadirkan Ancaman

Suara kembang api yang keras dan tidak bisa diduga menyebabkan banyak anjing menganggap suara tersebut sebagai ancaman yang memicu respon perlindungan mereka. Mereka bahkan mungkin menunjukkan tanda-tanda kecemasan dan kegelisahan seperti merengek,mondar mandir, menggonggong.

Kehadiran Anda dapat mengatasi masalah tersebut. Beradalah dekat dengannya dan berikan energi positif yang menenangkan melalui kata-kata. Hindarilah memarahinya karena kembang api bukan merupakan ancaman nyata bagi anjing Anda.

Anjing Merasa Terperangkap

Terkait dengan alasan sebelumnya, jika kembang api membuat anjing Anda merasa cemas tetapi ia tidak dapat melarikan diri dari ketakutannya dan kecemasannya. Maka ia akan merasa terperangkap dan cemas setidaknya selama suara kembang api masi berlanjut

Solusinya terbaik adalah Anda mengeluarkan anjing Anda dari situasi tersebut, Anda bisa menitipkan anjing pada teman atau keluarga di daerah dimana kembang api jarang terjadi.

Anjing Merasa Rentan

Jika anjing Anda merasakan kembang api adalah ancaman terhadap keselamatannya dan tidak memiliki rute pelarian, ia akan merasakan rentan dan tak berdaya. Ini adalah jawaban paling sederhana mengapa anjing takut kembang api.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya :

  • Anda bisa meletakkan ia di kandang apabila dia sudah terlatih. Ia mungkin akan merasa aman di kandangnya dengan mainan kunyah untuk mengisi waktunya.
  • Siapkan area khusus untuknya, letakkan tempat tidurnya di tempat tenang seperti lemari atau sudut ruangan dan nyalakan musik yang akan menutupi suara kembang api di luar
  • Anda bisa menggunakan thunder shirt ataupun baju penenang lainnya. Thunder shirt merupakan pakaian yang dirancang untuk membantu mereka merasa aman selama situasi yang penuh tekanan.

Anjing dan kembang api mungkin tidak bisa menyatu dengan baik namun bukan berarti tahun baru Anda tidak menyenangkan. Setelah membaca artikel di atas Anda tentu sudah menemukan jawaban dan cara untuk mengatasi ketakutan anjing Anda pada kembang api bukan?

Share ke teman Anda