Tanya via WhatsApp

7 Alasan Mengapa Anjing Suka Menjilat

7 alasan mengapa anjing suka menjilat

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Daftar Isi

Anda pernah mengalami ketika sedang mengelus anjing Anda, mereka langsung menjilati Anda. Mungkin tidak masalah pada awalnya tetapi lama kelamaan jilatan mereka membanjiri muka dan badan Anda. Ini terjadi setiap kali Anda mengelus mereka. Anjing menjilati Anda dan diri mereka karena berbagai alasan. Jika Anda ingin mengatasi perilaku tersebut, Anda perlu memahami dulu penyebabnya. Berikut tujuh alasan mengapa anjing suka menjilat:

Anjing Menjilat Anda Karena Enak

Jika anjing Anda menjilati mangkok makanan mereka, Anda mungkin bisa menyimpulkan bahwa mereka menyukai rasanya. Tetapi tahukah Anda bahwa hal yang sama terjadi ketika mereka menjilati Anda? Terkadang pada tangan Anda ada partikel makanan kecil yang dapat mereka cicipi dan lebih dari itu anjing juga menikmati garam yang ada pada kulit kita. Mungkin kelihatannya menjijikkan tetapi kulit Anda yang berkeringat dan asin terasa enak bagi mereka.

Anjing Ingin Membersihkan Diri Mereka

Anda mungkin tidak berpikir bahwa anjing sangat peduli dengan kebersihan tetapi anjing sering menjilat diri mereka sendiri untuk membersihkan tubuh mereka sama seperti kucing. Anda perlu memerhatikan dengan seksama ketika mereka menjilat tubuh mereka karena dapat menimbulkan bakteri atau jamur pada bagian tubuh yang mereka jilat.

Anjing Ingin Menyembuhkan Diri Mereka

Air liur anjing memiliki enzim yang dapat membunuh bakteri. Ketika anjing menjilati dirinya sendiri, itu membantu mereka untuk menyingkirkan jaringan yang mati dan membersihkan kotoran dari luka. Namun kadang anjing tidak dapat menghentikan kebiasaan menjilat tersebut dan mungkin malah bisa membuka kembali luka ataupun menyebabkan bahaya lain yang disebabkan oleh jilatan berlebihan.

Anjing Menjilat Karena Tekanan Atau Stress

Jika Anda memperhatikan bahwa anjing Anda menjilati objek atau bagian tubuh yang sama berulang kali setiap mereka takut atau gugup, mungkin sudah saatnya Anda mencari bantuan medis. Walaupun menjilati bisa menjadi pereda stress, tetapi jika dilakukan secara obsesif atau berlebihan hanya akan memperkuat kecemasan dan membuat masalah menjadi lebih buruk.

Anjing Menjilat Untuk Berkomunikasi

Anjing menjilat anjing lain untuk memberitahu mereka banyak hal seperti saya lapar hingga mari kita berteman. Mereka melakukan ini dengan Anda juga tetapi kita tidak bisa menafsirkan pesan dari jilatan tersebut. Jika anjing Anda menjilati dengan intensitas tinggi, cobalah lihat sekeliling apakah ada sesuatu yang salah. Kemungkinan anjing Anda membutuhkan sesuatu dari Anda seperti botol minum anjing Anda kosong atau mereka ingin dibukakan pintu.

Anjing Menunjukkan Rasa Sayang Mereka

Ini adalah alasan paling umum mengapa anjing menjilati Anda. Ketika mereka menjilati Anda, anjing Anda melepaskan endorphin yang menyenangkan dan memberikan mereka ketenangan. Tetapi terkadang kebiasaan ini menjadi berlebihan untuk Anda bila dilakukan terus menerus. Jika Anda ingin anjing Anda berhenti, abaikan mereka dan jauhilah mereka setiap kali mereka mulai menjilat Anda. Pada akhirnya mereka akan belajar bahwa menjilati menyebabkan Anda pergi, sesuatu yang tidak mereka inginkan.

Anjing Merasakan Kesakitan

Jika anjing Anda menjilat bukan karena keenam alasan di atas. Anda perlu waspada karena bisa jadi mereka suka menjilat karena mereka merasakan sakit. Anjing memiliki keterbatasan untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Dalam beberapa kasus anjing menjilati secara berlebihan karena mereka sedang kesakitan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Anda perlu membawa mereka ke dokter hewan untuk memastikan hal tersebut.

Banyak hal yang bisa menyebabkan anjing menjilat Anda maupun diri mereka sendiri. Anda perlu mengetahui penyebabnya sebelum bisa menemukan solusinya. Setelah membaca artikel ini Anda tahu kenapa anjing Anda menjilati Anda bukan?

 

Bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Artikel Menarik Lainnya