Tanya via WhatsApp

5 Faktor Yang Perlu Anda Pertimbangkan Dalam Memilih Anjing

5 faktor yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih anjing

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Daftar Isi

Memelihara anjing adalah sebuah keputusan yang besar dalam hidup Anda. Sebelum memutuskan memelihara anjing, ada baiknya Anda memastikan bahwa Anda siap dan Anda mengetahui tanggung jawab yang Anda punya setelah memelihara anjing. Jika Anda sudah siap akan dua hal tersebut, sekarang saatnya memilih anjing yang cocok untuk Anda. Ada 5 faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih anjing:

Ukuran

Apakah Anda ingin memiliki anjing kecil yang bisa Anda pangku dan gendong kemana-mana atau Anda menginginkan anjing berukuran besar karena terlihat lebih keren. Setiap ukuran anjing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing

Anjing kecil biasanya rapuh dan rentan karena ukuran yang kecil. Anda wajib berhati-hati jangan sampai anjing Anda terinjak atau tertendang karena bisa menyebabkan cedera yang serius. Mereka juga lebih sensitif terhadap suhu dingin. Beberapa anjing kecil juga mempunyai sifat yang keras untuk mengimbangi ukuran mereka yang kecil.

Anjing Besar membutuhkan lebih banyak ruang untuk bergerak, mereka membutuhkan ruang untuk berlari-lari. Anda tentu tidak ingin anjing Anda bermain di dalam rumah Anda dan merusak perabotan rumah tangga. Selain itu anjing besar membutuhkan biaya yang lebih besar karena semakin besar ukuran semakin mahal biaya makan, biaya grooming, dan biaya perawatan medis mereka.

Keaktifan Mereka

Anda mungkin tahu beberapa anjing memiliki lebih banyak energi daripada yang lain. Tingkat aktivitas anjing biasanya ditentukan oleh jenis anjing. Jika Anda tahu, Anda tidak selalu bisa mengajak mereka berjalan-jalan setiap hari mungkinAnda bisa memilih anjing yang berenergi rendah. Jika anda membutuhkan anjing untuk diajak jogging, Anda bisa memiliki anjing yang berenergi cukup seperti Border Collie.

Tetapi terlepas dari jenis ras, setiap anjing tetap membutuhkan aktivitas dan latihan rutin setiap harinya. Anjing yang memiliki kelebihan energi biasanya memiliki perilaku yang kurang baik seperti suka menggonggong, menggali, dan merusak perabotan rumah. Anda harus menyediakan waktu dan perhatian untuk mengajak anjing Anda beraktivitas.

Perawatan Fisik

Semua anjing membutuhkan perawatan dasar tetapi beberapa anjing tertentu membutuhkan perawatan fisik yang lebih banyak. Jika anda memiliki anjing yang memiliki bulu lebat maka groming secara teratur adalah penting. Selain itu kebanyakan anjing dengan bulu pendek dan halus seperti pomerian mempunyai masalah dengan bulu rontok jadi Anda harus siap untuk membersihkan rumah Anda. Anjing dengan telinga panjang dan flopy lebih rentan terhadap penyakit telinga sehingga membutuhkan pembersihan secara teratur.

Umur

Anak anjing membutuhkan perhatian dan pelatihan paling banyak terutama selama 6 bulan pertama. Anda harus mendedikasikan waktu Anda untuk melatih dan memberi perhatian anak anjing Anda. Anak anjing biasanya akan menimbulkan banyak masalah pada awal-awal seperti buang air sembarangan, mengunyah atau menggigit furniture Anda. Anda juga harus sadar bahwa anak anjing mungkin tumbuh berbeda dari yang Anda harapkan.

Anjing dewasa bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk Anda. Mereka biasanya sudah memiliki sikap dan temperamen lebih baik. Kebanyakan mereka juga sudah lebih terlatih sehingga dapat menyesuaikan diri lebih mudah dengan lingkungan rumah Anda.

Anjing senior bisa menjadi pilihan juga untuk Anda jika anda mencari anjing yang memiliki energi lebih sedikit. Mengadopsi anjing senior juga merupakan salah satu cara untuk memberi kebahagiaan kepada mereka di masa tuanya. Namun perlu diingat bahwa anjing senior membutuhkan perhatian khusus dan membutuhkan pemeriksaan dokter secara rutin. Selain itu tidak seperti anak anjing dan anjing dewasa, Anda harus tahu mungkin Anda tidak memiliki waktu bertahun-tahun dengan anjing senior.

Ras

Kebanyakan orang memilih anjing dengan ras murni untuk dipelihara. Ada banyak alasan untuk hal itu seperti mungkin anda menyukai penampilan mereka atau anda merasa ras itu adalah yang paling cocok untuk Anda. Sebelum memilih anjing ras tertentu ada baiknya Anda melakukan banyak penelitian, tentukan apakah temperamen, sifat, dan kebutuhan perawatan mereka cocok untuk Anda.

Selain itu anda mungkin juga bisa memilih anjing ras campuran. Kombinasi dari dua anjing berbeda dapat menyeimbangkan kepribadian dan karakter fisik mereka. Anjing campuran juga memiliki penampilan yang lebih unik dan langka. Tetapi Anda harus siap ketika memilih anak anjing campuran karena Anda tidak bisa tahu bagaimana mereka terlihat ketika dewasa dan kebanyakan mereka lebih bermasalah dengan kesehatan dibandingkan dengan anjing yang berasal dari ras murni.

Apakah Anda sudah menemukan anjing yang kira-kira cocok untuk Anda? Setelah anda menemukan jenis anjing apa yang cocok untuk Anda, Anda harus mencari dimana anda bisa mendapatkan anjing tersebut. Pastikan anda membeli di toko atau breeder yang memiliki reputasi baik. Selain itu sebelum anda membawa anjing pulang pastikan dulu anda menyiapkan segala sesuatunya.

Bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Artikel Menarik Lainnya