Tanya via WhatsApp

Ini Dia Pentingnya Mandi dan Cara Memandikan Anjing Anda Sendiri

Ini Dia Pentingnya Mandi dan Cara Memandikan Anjing Anda Sendiri

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Daftar Isi

Mandi merupakan hal yang penting bagi anjing untuk menjaga kesehatan bulu dan kulit mereka. Anjing yang dimandikan secara rutin akan mempunyai bulu yang bagus, tidak menggembel, dan terhindar dari kutu. Pada umumnya anjing merupakan hewan yang menyukai air namun kadang ketika dimandikan, mereka suka tidak tenang, berontak ataupun mengibas-ngibaskan tubuhnya yang membuat air muncrat kemana-mana.

Kebanyakan dari Anda berpikir bahwa anjing yang sering dimandikan akan terhindar dari penyakit kulit dan bau, tetapi ternyata hal tersebut salah karena anjing yang sering dimandikan malah cenderung lebih cepat mengeluarkan bau dan lebih mudah terserang penyakit kulit. Ada baiknya Anda mengatur jadwal mandi misalnya 2 atau 3 minggu sekali.

Jika ternyata sebelum jadwal mandinya, anjing Anda sudah berbau dan merasa tidak nyaman. Anda bisa menggunakan teknik mandi kering yaitu menggunakan bedak khusus anjing ataupun shampo kering. Taburkan bedak atau shampo pada permukaan kulit anjing lalu sisir agar kotorannya terangkat. Anda bisa melakukan hal ini secara teratur misalnya 3 hari sekali untuk menjaga agar ia tetap wangi.

Memandikan anjing merupakan hal yang gampang-gampang susah. Menjadi susah bila Anda ataupun anjing Anda belum terbiasa mandi. Berikut langkah-langkah untuk memandikan anjing Anda:

  • Hal pertama yang biasa dilakukan sebelum memandikan anjing adalah sikatlah tubuhnya dengan sikat yang lembut. Hal ini perlu dilakukan karena bulu-bulu yang kusut akan mempersulit proses mandi selain itu dengan menyikat Anda memberikan rasa nyaman padanya.
  • Persiapkan peralatan mandi seperti shampo, sabun, handuk kemudian letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Bila Anda memandikan anjing di luar ruangan sebaiknya ikatlah mereka terlebih dahulu.
  • Anjing lebih suka dimandikan dengan air hangat. Hindari penggunaan air panas maupun air dingin. Anda bisa memulai proses memandikan dengan memasukkan kaki depan dahulu kemudian kaki belakang. Bila tubuh anjing sudah masuk ke dalam bak, Mulailah dengan membasahi tubuhnya sedikit-sedikit
  • Mulailah dengan memandikan bagian tubuh anjing Anda. Peganglah bagian kepala anjing dengan salah satu tangan supayaia tidak melakukan gerakan mengibas. Pada saat membersihkan tubuhnya dengan sabun atau shampo usahakan agar busanya tidak masuk ke telinga ataupun mengenai mata karena akan membuat ia tidak nyaman.
  • Setelah selesai dengan bagian tubuh dan kaki, Anda bisa mulai memandikan bagian kepalanya. Mulailah dari bagian moncong, hidung kemudian bagian atas kepala. Berhati-hatilah ketika menyabuninya agar tidak terkena bagian mata.
  • Setelah proses penyabunan selesai, bilaslah ia dengan selang sehingga bisa menjangkau semua bagian tubuhnya. Pastikan tidak ada shampo atau sabun yang tertinggal karena akan membuat ia menjadi tidak nyaman.
  • Setelah proses mandi selesai, Anda bisa mulai mengeringkannya. Bentangkan handuk dan biarkan ia mengibas-ngibaskan tubuhnya. Jika anjing Anda tidak mau mengibas-ngibas, tiuplah bagian telinganya untuk memancing ia melakukan hal itu. Anda juga bisa memeras atau mengelap dari bagian kepala, punggung, perut, dan terakhir pada bagian kaki.
  • Lakukan hal di atas berulang-ulang sampai ia benar-benar kering karena lembab bisa menyebabkan jamur. Setelah dirasa bulunya kering dan tidak menetes, Anda bisa melepas ikatannya. Anda bisa juga menggunakan hairdryer untuk mengeringkan anjing Anda.

Setelah membaca artikel di atas, Anda tentu sudah tahu bagaimana cara memandikan anjing Anda bukan? Pada artikel selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menjaga agar mereka tetap tenang ketika dimandikan.

 

Bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Artikel Menarik Lainnya