Tips Memilih Makanan Untuk Anjing Anda

Jika Anda adalah seorang penyayang anjing dan ingin memelihara anjing di rumah, maka salah satu hal paling penting yang perlu Anda ketahui adalah tentang makanan anjing. Nah, kali ini kami akan membahas tips untuk memilih makanan anjing, ini dia…

Membeli Makanan Sesuai Dengan Usia Anjing Anda

Tips yang paling pertama perlu Anda ketahui adalah Anda harus membeli makanan untuk anjing Anda yang sesuai dengan usia dari anjing Anda, hal ini sangat penting karena berbagai merek makanan anjing biasanya menggolongkan jenis makanannya berdasarkan usia anjing, di mana kandungan nutrisi baik vitamin dan gizi-nya disesuaikan dengan kebutuhan anjing pada usia tersebut.

Misalnya untuk anjing yang masih anak-anak atau puppy dengan usia di bawah 10 bulan akan membutuhkan lebih banyak protein dan lemak untuk membantu pertumbuhannya. Selain itu anak anjing biasanya juga belum memiliki gigi yang lengkap dan kuat sehingga ukuran butirannya pun biasanya relatif lebih kecil agar lebih mudah ditelan.

Untuk anjing yang sudah beranja dewasa dengan usia sekitar 1 hingga 6 tahun maka kebutuhan protein dan lemak juga akan meningkat untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari, sedangkan untuk anjing yang sudah menginjak usia tua maka kebutuhan akan protein dan lemak akan jauh lebih sedikit dibandingkan saat masih usia anak dan dewasa.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui usia dari anjing Anda sehingga dapat memberikan makanan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.

Memperhatikan Kandungan dan Bahan Dasar Makanan

Tips dalam memilih makanan anjing yang selanjutnya adalah Anda juga harus memperhatikan kandungan dan juga bahan dasar dari makanan anjing tersebut. Sebaiknya Anda harus selalu memilih makanan yang minimal memiliki dua jenis sumber daging. Lalu Anda juga perlu memilih kandungan dari sumber karbohidrat pada makanan tersebut, biji-bijian merupakan salah satu sumber karbohidrat yang paling baik untuk makanan anjing.

Tapi banyak juga sebagian orang yang berpendapat bahwa biji-bijian bisa menimbulkan masalah pada pencernaan anjing, walaupun pada kenyataannya kandungan biji-bijian ini tetap dibutuhkan kecuali memang jika pencernaan anjing tersebut sangat sensitif.

Memilih Makanan Kering, Basah atau Mentah

Mungkin di pikiran sebagian orang hal ini sangatlah tidak penting, tapi pada kenyataannya Anda memang harus bisa untuk memilih dan menentukan jenis makanan apa yang akan Anda berikan kepada anjing peliharaan Anda.

Karena biasanya jika Anda memilih makanan anjing yang kering maka harganya akan lebih terjangkau dan lebih praktis, jenis makanan kering sebenarnya juga sudah memiliki kandungan protein dan sayuran yang sangat dibutuhkan oleh anjing. Tetapi walaupun begitu memang ada baiknya makanan anjing yang kering harus tetap dikombinasikan dengan makanan anjing yang basah dan mentah agar anjing Anda mendapatkan nutrisi yang terbaik.

Selain itu, ada juga makanan basah yang memang biasanya lebih disukai oleh anjing karena aromanya yang lebih tajam. Makanan anjing basah juga banyak memiliki kandungan protein dan juga lemak, serta biasanya mengandung lebih sedikit bahan pengawet.

Sementara apabila Anda memilih makanan mentah maka Anda harus memiliki tempat penyimpanan khusus pada freezer Anda, karena makanan jenis ini biasanya akan dijual dan perlu disimpan dalam keadaan beku. Sehingga Anda juga perlu untuk mengolahnya sebelum Anda berikan makanan ini kepada anjing kesayangan Anda.

Sebagian orang meyakini bahwa makanan mentah lebih sehat untuk anjingnya, walaupun tentu perlu diperhatikan ekstra kebersihannya dan rutin memberikan obat cacing, karena makanan mentah biasanya mengandung telur cacing yang bisa menjadi parasit di dalam pencernaan anjing Anda.

Mempertimbangkan Harga dan Juga Tingkat Ketersediaan

Tips yang terakhir adalah Anda juga harus mempertimbangkan dari segi harga dan juga tingkat ketersediaan makanan anjing di rumah Anda, jangan sampai Anda kehabisan makanan sehingga anjing Anda menjadi terlambat untuk makan.

Makanan anjing yang berkualitas tidak selalu harus mahal, maka dari itu Anda harus dapat memilih makanan anjing yang benar-benar dapat memenuhi kebutuhan lemak, protein, dan juga karbohidrat tanpa harus membayar dengan harga mahal.

Anda juga harus memperhatikan aktor ketersediaan makanan tersebut di pasaran, jangan sampai Anda memilih makanan anjing yang susah untuk ditemukan di toko-toko baik online maupun offline. karena terkadang tidak mudah mengganti merek makanan anjing Anda dengan merek lainnya, apalagi apabila anjing Anda termasuk yang suka pilih-pilih makanan.

Nah itulah beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda dalam memberikan makanan untuk anjing Anda, semoga artikel di atas dapat membantu Anda.

Share ke teman Anda