Tanya via WhatsApp

3 Bahaya Anjing Makan Terlalu Cepat (Rakus) dan Solusinya

3 Bahaya Anjing Makan Terlalu Cepat

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Daftar Isi

Beberapa anjing memiliki kebiasaan makan terlalu cepat, begitu mangkuk makanan ditaruh di lantai langsung disikat habis olehnya. Semua makanan dilahap dengan sangat cepat, seolah tidak perlu dikunyah dan langsung ditelan. Bahkan mangkuk makanan langsung bersih seketika, semua dimakan tanpa jeda sama sekali.

Apakah anjing Anda juga memiliki kebiasaan seperti itu, sering makan dengan sangat cepat? Beberapa tanda umum yang terjadi pada anjing yang memiliki kebiasaan makan terlalu cepat, yaitu:

  • Anjing makan sangat cepat dan muntah setelah selesai makan atau beberapa saat setelah makan.
  • Anjing makan dengan sangat lahap hingga terkadang tersedak makanan.
  • Anjing tampak terobsesi dengan waktu makan dan tidak dapat diganggu saat sedang makan.

Bahaya Anjing Makan Terlalu Cepat

Tahukah Anda bahwa kebiasaan makan terlalu cepat bisa membawa dampak buruk dan berbahaya bagi kesehatan anjing.

Tersedak

Bahaya pertama dari makan terlalu cepat adalah anjing Anda bisa tersedak atau memuntahkan makanannya. Apabila anjing menelan makanan secara utuh tanpa mengunyah, maka potongan-potongan makanan bisa terjebak di dalam tenggorokannya sehingga membuatnya tersedak, pada tingkat yang lebih parah mungkin bisa jadi anjing Anda kesulitan bernapas.

Kembung

Ketika anjing menelan makanan dengan terlalu cepat, maka dia akan menelan udara bersama-sama dengan makanannya. Makanan dan udara membesar di perut bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan bagi anjing Anda. Makanan dan campuran udara yang bersatu di perut bisa menyebabkan anjing Anda muntah.

GDV (Gastric Dilalation Volvulus)

Makan terlalu cepat juga bisa mengancam jiwa dari anjing Anda, GDV ini biasanya terjadi pada anjing ras besar yang sering makan buru-buru. GDV adalah kondisi di mana lambung terpelintir yang menyebabkan rasa sakit luar biasa pada perut anjing Anda, anjing bisa mengalami shock dan yang paling fatal bisa menyebabkan kematian.

Gejala anjing Anda terkena GDV adalah bernapas secara berlebihan atau tidak wajar, meneteskan air liur dan muntah bahkan hingga membuat anjing terjatuh pingsan. Apabila Anda melihat gejala seperti itu sangat penting untuk segera menghubungi dokter hewan.

Bahaya Lainnya

Selain berdampak buruk bagi kesehatan anjing, makan terlalu cepat juga dapat membuat anjing menjadi lebih posesif terhadap makanannya. Hal ini bisa membuat anjing Anda menjadi lebih agresif pada orang yang mendekati makanannya. Tentu ini sangat berbahaya karena anjing bisa menyerang siapa saja yang berada di sekitar makanannya.

Faktor Penyebab Anjing Makan Cepat

Jadi, mengapa anjing bisa makan terlalu cepat? Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan anjing makan terlalu cepat, seperti:

Masalah Kesehatan

Mungkin anjing Anda memang menderita penyakit tertentu seperti Diabetes, Gangguan Hormon, atau memang sedang melakukan pengobatan, tanyakan kepada dokter hewan Anda apakah ada efek samping yang meningkatkan nafsu makan anjing Anda. Atau bisa juga terdapat parasit di dalam usus anjing Anda yang merampas nutrisi makanan sehingga bisa meningkatkan rasa lapar berlebihan.

Makanan Tidak Cocok

Anjing makan terlalu cepat juga bisa disebabkan merek makanan yang Anda berikan tidak cocok/tidak sesuai. Apabila Anda memberi makaan dengan nilai gizi yang lebih rendah bisa membuat anjing merasa tidak puas dan menjadi terobsesi dengan makanan.

Makan Bersama Anjing Lain

Apabila Anda memelihara anjing lebih dari satu dan memberi mereka makan secara bersamaan di tempa yang berdekatan, maka aning Anda bisa jadi merasa takut makanannya direbut sehingga memacu anjing Anda untuk makan lebih cepat.

Trauma Masa Lampau

Ini adalah faktor yang paling sering terjadi, di mana saat masih puppy, anak-anak anjing biasanya diberi makan dalam satu mangkuk bersama-sama. Sehingga anjing Anda belajar untuk makan dengan cepat sebelum saudara-saudaranya yang lain menghabiskannya, mereka terbiasa untuk berebut makanan. Kebiasaan makan cepat ini kemudian terbawa hingga dia bukan lagi anak-anak.

[thrive_leads id=’1175′]

Lalu Apa Solusinya?

Gunakan Batu atau Bola

Cobalah untuk menaruh sebuah batu atau bola di tengah-tengah mangkuk makanan anjing Anda, gunakan batu atau bola dengan ukuran yang lebih besar dan pastikan anjing Anda tidak bisa memakannya. Tujuannya adalah batu atau bola ini akan menghalangi anjing Anda mengambil makanan sehingga dia harus mengeser-gesernya terlebih dahulu.

Gunakan Mangkuk Kecil

Anda bisa membagi makanan anjing Anda ke dalam beberapa mangkuk kecil dan kemudian meletakkannya di beberapa sudut ruangan, sehingga anjing Anda harus berpindah-pindah dari satu mangkuk ke mangkuk lainnya sehingga ada jeda saat dia makan.

Gunakan Mangkuk Khusus (Slow Feeder)

Ini merupakan cara paling praktis, Anda bisa beli mangkuk yang dirancang khusus untuk menghambat anjing dan memperlambat makannya, Anda bisa peroleh mangkuk ini di TheLittleFriend.com

Silahkan KLIK DI SINI untuk membeli mangkuk Slow Feeder.

Bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Artikel Menarik Lainnya