10 Alasan Mengapa Memilih Anjing Daripada Kucing

Memiliki hewan peliharaan tentu menyenangkan, kebanyakan orang memilih anjing atau kucing sebagai hewan peliharaan. Banyak orang yang selalu membandingkan antara anjing dan kucing yang mana lebih baik. Di sini kita akan membahas 10 alasan mengapa memelihara anjing lebih baik daripada kucing:

Anjing Tidak Memerlukan Tempat Buang Air

Kucing memerlukan tempat buang air di dalam rumah seperti kotak pasir. Tidak peduli seberapa baik Anda membersihkannya, tempat buang air kecil tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Anjing tidak memerlukan hal tersebut, mereka dapat dilatih untuk buang air pada waktu dan tempat tertentu. Mereka biasanya buang air di halaman ataupun ketika berjalan-jalan. Anda hanya cukup membersihkan poop mereka dan yang terpenting hal tersebut terjadi di luar rumah Anda.

Banyak Permainan Yang Bisa Dilakukan Bersama Anjing

Tidak banyak permainan yang bisa Anda lakukan bersama dengan kucing. Kucing pada dasarnya merupakan hewan yang pemalas dan tidak suka diganggu. Berbeda dengan anjing, mereka sangat suka bermain. Banyak variasi permainan yang bisa Anda lakukan dengan mereka seperti tarik menarik, lempar tangkap bola, ataupun bermain kejar-kejaran dengan mereka.

Anjing Lebih Mudah Beradaptasi

Kucing biasanyalebih sensitif terhadap lingkungannya dan tidak menyukai perubahan termasuk hal baru. Sedangkan anjing cenderung mengikuti pemiliknya, bila perubahan tersebut bukan masalah besar bagi Anda maka anjing Anda akan lebih mudah menerima perubahan tersebut.

Ketika Anda memperkenalkan orang, hewan, barang baru ataupun pindah ke rumah baru, kucing biasanya memerlukan lebih banyak waktu untuk beradaptasi. Berbeda dengan anjing, mereka biasanya mengikuti pemiliknya. Jika Anda tenang ketika ada orang datang, kemungkinan besar anjing Anda juga akan tenang.

Anjing Bisa Dilatih Untuk Tidak Merusak

Cobalah untuk melatih atau mengendalikan kucing, Anda mungkin hanya akan mendengar mereka tertawa. Kebanyakan kucing akan pergi ke tempat yang mereka inginkan, melompat kesana kemari, mencakar dimana mereka ingin dan kencing dimana mereka ingin tanpa bisa dikendalikan dan diatur.

Anjing juga dapat merusak tetapi Anda bisa melatih dan membuat mereka tidak melakukan hal itu. Anda bisa mengajarkan perintah “No” yang berarti bahwa mereka tidak boleh melakukan hal yang tidak diinginkan. Cobalah Anda mengatakan kata tersebut pada kucing, mereka akan cuek dan tetap melakukan aktivitas merusak yang sedang dilakukan.

Anjing Lebih Mudah Untuk Dilatih

Secara teknis kucing juga bisa dilatih tetapi bahkan pecinta kucing pun mengakui bahwa melatih hewan tersebut tidaklah mudah. Kucing yang termotivasi oleh makanan pun akan segera bosan dan pergi ketika dilatih. Bahkan saking sulitnya melatih kucing ada istilah yang mengatakan bahwa kucing melatih manusia lebih baik daripada kita melatih mereka.

Berbeda dengan anjing, kebanyakan dari mereka bahkan benar-benar menikmati pelatihan. Pelatihan seperti memberi mereka tujuan dan sesuatu untuk dilakukan. Selain itu banyak anjing yang termotivasi oleh makanan dan perhatian, mereka dengan senang hati akan duduk, diam, bersalaman, berbaring dengan imbalan makanan ataupun sentuhan dari Anda. Anjing membutuhkan latihan untuk mengatasi kebosanan dan menstimulasi mental mereka.

Anjing Memiliki Banyak Potensi

Anjing memiliki banyak hal yang sangat membantu pekerjaan manusia mulai dari bekerja di peternakan sebagai penggembala ataupun anjing penjaga rumah. Bahkan banyak anjing yang memiliki pekerjaan mulia seperti membimbing orang buta, membantu orang cacat, membantu polisi dan militer, berpartisipasi dalam pencarian orang hilang, ataupun menghibur mereka yang sakit. Beberapa anjing bahkan bisa mendeteksi penyakit.

Anjing Bisa Melindungi Anda

Bukan sifat kucing untuk menjadi pelindung. Kucing cenderung berlari dan bersembunyi ketika dihadapkan pada masalah, tetapi anjing sebagian besar secara naluriah akan melindungi pemilik dan wilayahnya. Mereka akan menggonggong dan menggeram untuk memperingatkan tentang keberadaan orang asing, bahkan terkadang ia dapat menakuti mereka. Anjing bisa merasakan rasa ketakutan pemiliknya dan akan merespon jika Anda terancam.

Anjing Memiliki Banyak Variasi Dan Bentuk

Walaupun kucing memiliki banyak ras, tetapi kebanyakan dari mereka memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Walaupun banyak kucing yang memiliki warna bagus, tetapi perbedaan antar kucing jauh lebih sedikit dibandingkan dengan anjing.

Jika Anda memutuskan memelihara anjing akan ada banyak sekali pilihan. Anda bisa memilih dari ukuran yang kecil, medium, besar bahkan sampai raksasa. Anda juga bisa memilih apakah anda ingin anjing penjaga atau anjing kecil yang suka digendong. Ada banyak jenis pilihan anjing yang sesuai dengan keinginan Anda.

Anjing Mengajarkan Gaya Hidup Sehat

Kebanyakan kucing lebih suka tinggal di rumah dan melakukan kegiatannya sendiri, atau pergi keluar sendirian tanpa diawasi pemiliknya. Hal ini sangat berbeda dibandingkan dengan anjing. Seperti manusia, anjing memerlukan banyak olahraga. Anda bahkan bisa menjadikan anjing bagian dari rutinitas olahraga. Kebanyakan anjing suka berjalan-jalan dan berlari bersama pemlikinya. Mereka juga bisa dilatih untuk berlari di samping sepeda bahkan menjadi teman yang menyenangkan di saat hiking.

Anjing Merupakan Sahabat Manusia

Istilah anjing merupakan sahabat manusia ada karena suatu alasan. Anjing telah menjadi sahabat, pelindung serta penolong bagi manusia sepanjang sejarah. Anjing dan manusia memiliki suatu ikatan batin yang kuat dan tidak terpisahkan. Bagi anjing, manusia adalah pusat dari alam semesta anjing sedangkan bagi kucing, diri mereka adalah pusat alam semestanya.

Membandingkan antara anjing dan kucing seperti membandingkan antara apel dengan jeruk. Anjing dan kucing memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Namun jika harus memilih, mungkin artikel ini dapat membantu Anda menentukan pilihan bukan?

Share ke teman Anda