10 Hal Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Berpergian Dengan Anjing Anda

Berpergian merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan ketika liburan tiba. Apalagi jika Anda melakukannya bersama dengan anjing kesayangan Anda. Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya Anda mempersiapkan 10 hal di bawah ini sehingga perjalanan akan terasa aman dan menyenangkan bagi Anda berdua:

Hubungi Dokter Hewan Anda

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya periksakan anjing Anda ke dokter hewan. Pastikan ia sudah mendapatkan semua vaksin dan tanyakan apakah perlu ada vaksin atau vitamin tambahan. Pastikan juga Anda mendapatkan salinan catatan medis atau obat-obatan untuk dibawa. Luangkan waktu juga untuk mencari dan mencatat informasi dokter hewan di tempat tujuan Anda.

Rencanakan Rute Perjalanan Anda

Anda harus memastikan bahwa jadwal dan rute yang akan ditempuh mengakomodasi waktu istirahat anjing Anda. Untuk kenyamanan dan kebahagiannya, ia perlu memiliki kesempatan untuk buang air kecil, berjalan-jalan dan menghirup udara bebas.

Rencanakanlah untuk beristirahat 15-30 menit setiap berkendara selama 4 jam. Anda juga bisa membuat perjalanan jauh menjadi lebih menyenangkan dengan cara berhenti di tempat yang ramah anjing seperti taman.

Dapatkan Laporan Cuaca

Laporan cuaca dapat membantu Anda mempersiapkan diri dengan lebih baik dari masalah seperti hujan deras yang dapat memperlambat perjalanan dan menganggu waktu istirahat anjing Anda. Selain itu laporan cuaca juga dapat menghindarkan Anda dari potensi bencana alam seperti angin topan,tornado, banjir, ataupun tanah longsor. Pertimbangkan cuaca juga saat Anda mengepak barang bawaannya. Jika cuaca lebih dingin dari biasanya, Anda bisa mengepak pakaian dan beberapa selimut untuknya.

Carilah Tempat Menginap Yang Ramah Anjing

Setelah merencanakan rute, Anda perlu merencanakan tempat untuk menginap baik dalam perjalanan maupun di tempat tujuan. Tidak semua hotel maupun tempat penginapan mau menerima anjing. Anda harus menghubungi mereka untuk mengetahui kebijakan hewan peliharaan mereka termasuk pembatasan ras, aturan dan biaya tambahan.

Carilah Tempat Penitipan Anjing Jika Perlu

Jika Anda bepergian untuk menghadiri suatu acara seperti pernikahan, kelulusan tentu Anda tidak bisa membawa anjing dan harus meninggalkannya selama beberapa saat. Ada baiknya Anda mencari tempat penitipan untuk menjaganya selama Anda pergi. Jangan tinggalkan ia sendirian tanpa pengawasan di tempat yang baru misalnya di hotel atau tempat penginapan. Lingkungan yang tidak familiar dapat menyebabkan ia lebih takut dan cemas saat ditinggalkan. Jika Anda memiliki teman atau keluarga, mintalah mereka untuk mengawasinya selama Anda tinggalkan.

Persiapkan Tempat Untuk Anjing Anda Di Mobil

Anjing Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam di dalam mobil selama dalam perjalanan. Sebaiknya Anda memastikan keamanannya selama di dalam mobil. Anda bisa menggunakan sabuk pengaman, alas duduk anjing, ataupun kotak kursi tempat duduk sehingga ia bisa duduk dengan tenang dalam perjalanan. Hal ini penting karena jika ia terus berkeliaran dan mengganggu Anda saat menyetir hal itu bisa menimbulkan bahaya. Sediakan juga mainan untuk ia kunyah selama dalam perjalanan.

Siapkan Tas Untuk Perlengkapan Anjing Anda

Anda harus memisahkan barang bawaan untuk anjing dengan barang-barang Anda sehingga lebih mudah diakses saat dibutuhkan. Pertimbangkan berapa lama dan semua tempat yang akan Anda kunjungi saat berkemas. Barang yang harusdipersiapkan antara lain:

  • Makanan dan tempat makannya
  • Air dan tempat minumnya
  • Mainan favoritnya
  • Obat-obatan
  • Pakaian
  • Selimut
  • Sisir kutu dan sisir untuk merapikan
  • Tempat membuang kotoran anjing

Pasangkan Kalung Identitas Pada Anjing Anda

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan, ada baiknya pasangkan kalung yang berisi identitas anjing Anda. Taruhlah nomor hp Anda di kalung tersebut, hal ini bisa berguna bila ia hilang ataupun kabur dalam perjalanan.

Persiapkan Anjing Anda Sebelum Perjalanan

Banyak anjing yang mengalami mabuk perjalanan saat di dalam mobil. Jadi sebaiknya Anda memberi mereka makan beberapa jam sebelum berangkat. Sebelum Anda pergi, ajaklah ia berjalan-jalan dan berolahraga sehingga dia kelelahan dan siap untuk beristirahat serta bersantai dalam perjalanan.

Pertahankan Rutinitas Anda

Walaupun sulit untuk melakukan sama persis seperti ketika di rumah, Anda tetap harus menjaga rutinitas dari anjing Anda. Ketika sampai tujuan berilah mereka makan dan ajak jalan-jalan sesuai dengan jadwalnya. Jika bisa, perbanyaklah waktu jalan-jalan untuk membantu menghilangkan kecemasan pada tempat barunya.

Berlibur bersama anjing tentu menyenangkan tetapi beberapa orang malas untuk melakukannya karena takut repot. Namun setelah Anda membaca artikel ini, tentu Anda tau bagaimana agar berlibur serta berkendara bersama anjing Anda terasa menyenangkan bukan?

Share ke teman Anda