Tanya via WhatsApp

5 Cara Untuk Membuat Anjing Fokus Kepada Anda

5 cara untuk membuat anjing fokus kepada anda 1

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Daftar Isi

Pelatihan adalah bagian yang paling penting dan diperlukan ketika Anda memiliki anjing. Selain potty training, melatih anjing untuk melihat dan fokus pada Anda mungkin merupakan pelajaran paling penting untuk diajarkan padanya. Pelatihan ini bukan hanya sangat membantu di rumah tetapi juga penting untuk keselamatannya di tempat umum.

Dengan membuat anjing fokus kepada Anda, ia bisa belajar untuk mengabaikan hal-hal yang terjadi di sekelilingnya sehingga Anda bisa lebih mudah berkomunikasi dan mengajari perintah-perintah. Anjing belajar melalui kontak mata, gestur tubuh, dan melalui perintah suara. Gunakan ketiga hal tersebut untuk melatih supaya ia bisa fokus kepada Anda. Berikut akan kita bahas 5 cara untuk membuat anjing fokus kepada Anda:

Tentukan Kata Yang Akan Digunakan

Anda tentu ingin agar anjing Anda mengaitkan perintah untuk fokus dengan suatu kata. Tentukan terlebih dahulu kata yang akan digunakan untuk memerintahnya agar melihat Anda. Gunakan kata-kata yang simple seperti “look”, “lihat”, “fokus”. Pastikan apapun kata yang digunakan, tidak dipakai untuk perintah yang berbeda. Misalnya jangan menggunakan kata “sit” untuk membuat anjing melihat kepada Anda karena itu akan membuat ia bingung.

Berdiri Atau Duduk Menghadap Anjing Anda

Saat pertama memulai mengajari anjing Anda untuk fokus, ambilah posisi yang dekat dengannya sehingga ia semakin cepat belajar. Setelah ia mulai menguasai perintah dalam jarak dekat, mulailah mengambil jarak dan teruslah menyuruh ia untuk tetap di tempat tetapi fokus kepada Anda. Lakukan hal tersebut secara terus menerus hingga ia akan tetap patuh walaupun posisi Anda jauh darinya.

Berlatihlah Perintah Tersebut Dengan Anjing Anda

Ketika Anda berdiri atau duduk menghadapnya, lihatlah matanya dan ucapkan kata yang sudah ditentukan sambil memegang snack di depan mata Anda. Dengan memegang cemilan di depan mata, Anda mendorongnya untuk melihat dan fokus ke mata. Ketika ia sudah melihat, pertahankan kontak mata sehingga ia tahu bahwa hal tersebut yang Anda inginkan. Berikan hadiah jika ia berhasil melakukan hal itu. Ketika anjing mendapat hadiah karena melihat dan fokus setelah mendengar perintah spesifik Anda, ia akan terus mematuhi perintah tersebut dengan harapan akan mendapatkan hadiah.

Tambahkan Sinyal Tangan

Setelah ia sukses melakukan perintah dengan hadiah, Anda bisa mulai memberikan isyarat tangan untuk membuatnya patuh. Ketika menggunakan sinyal tangan, ucapkan perintah tersebut sambil menunjuk ke mata Anda. Setelah ia melihat dan fokus secara benar menggunakan isyarat yang diucapkan dan sinyal tangan, Anda bisa memberi hadiah padanya.

Berlatihlah Dimana Saja

Setelah ia terbiasa melihat dan fokus pada Anda di rumah, ada baiknya lanjutkan latihan tersebut di tempat dan situasi yang berbeda untuk memastikan ia tetap patuh dan tidak peduli pada apapun yang terjadi di sekitarnya. Anda bisa berlatih di halaman depan, di taman, di mall atau dimanapun. Anda juga bisa berlatih dengan cara meletakkan mainan atau snack di lantai kemudian menyuruh ia fokus terlebih dahulu sebelum mengijinkannya untuk mengambil mainan atau hadiah.

Semakin sering dilatih, anjing akan semakin menguasai perintah tersebut dan Anda bisa mulai menghilangkan hadiah. Setelah beberapa waktu, ia tidak akan membutuhkan hadiah lagi karena ia sudah mengetahui perintah untuk fokus kepada Anda.

Melatih anjing tidaklah sulit tetapi membutuhkan waktu dan usaha. Selama Anda mau berusaha, anjing Anda akan berperilaku lebih baik yang akan membuat Anda berdua bahagia. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika melatih ia untuk fokus:

  • Jika anjing Anda melihat tanpa harus diminta, hargailah perilaku tersebut. Semakin sering Anda menghargai perilaku positif tersebut, maka ia akan semakin cepat belajar.
  • Anjing akan lelah bila ia melakukan suatu perintah tanpa berhenti. Jika anjing Anda berhenti merespon atau tampak lelah, beristirahatlah terlebih dahulu. Berlatih 10 hingga 15 menit sehari sudah cukup.
  • Jika anjing tidak mematuhi perintah, janganlah pernah meneriaki atau menghukumnya.

Mengajarkan anjing untuk fokus kepada Anda bukan ke sekelilingnya merupakan hal penting untuk keselamatannya. Setelah membaca artikel di atas, Anda tentu sudah tahu bagaimana cara membuat anjing fokus  bukan?

Bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Artikel Menarik Lainnya