Tanya via WhatsApp

10 Cara Membuat Anjing Tenang Saat Dimandikan

10 cara membuat anjing tenang saat dimandikan

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Daftar Isi

Banyak alasan mengapa Anda harus memandikan anjing kesayangan Anda. Alasan yang paling umum adalah untuk menghilangkan kotoran, bulu mati, dan bau. Anjing pada umumnya bukan merupakan hewan yang takut akan air, tetapi beberapa anjing mengalami ketakutan dan kepanikan pada saat, akan dan waktu dimandikan. Berikut 9 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat anjing tenang saat dimandikan:

Berikan Hadiah Ketika Ia Masuk Ke Bak Mandi

Anda harus mengajarkan kepadanya bahwa mandi adalah hal yang positif dan menyenangkan. Cara termudah untuk membuat ia mengerti adalah dengan memberikan hadiah atau snack. Berikan snack ini tepat setelah anjing Anda masuk ke dalam bak mandi sebelum mulai dimandikan.

Basahi Tubuhnya Secara Bertahap

Walaupun sudah menggunakan air hangat, anjing Anda mungkin akan tetap terkejut ketika tubuhnya dibasahi. Jika Anda tiba-tiba menyiramkan air, bisa saja ia akan kaget dan mulai memberontak. Ada baiknya mulai dengan menyemprot bagian dadanya menggunakan tekanan air yang kecil. Jika ia sudah tenang, perbesar tekanan airnya dan Anda bisa mulai menyiram ke bagian tubuhnya yang lain secara bertahap.

Berikan Pujian Padanya

Ketika anjing Anda tenang saat mandi, berikanlah pujian. Gunakan nada suara yang riang dan ucapkan pujian seperti “Good Boy” atau pujian-pujian lain yang menunjukkan Anda gembira pada sikapnya. Pujian yang Anda ucapkan dapat menghibur dan menjaga mereka agar tetap tenang sehingga menghindarkan ia dari rasa gugup dan cemas.

Berikan Mainan Favoritnya

Jika Anjing Anda memiliki mainan kesukaan, bawalah mainan tersebut untuk menemaninya mandi. Biarkan ia menggigiti atau memainkan mainan tersebut sembari dimandikan. Mainan tersebut dapat mengalihkan perhatiannya dari ketakutan maupun kecemasan. Adanya mainan juga membantu anjing Anda mengaitkan mandi dengan hal positif yaitu bermain bukan dengan rasa takut.

Gunakan Tangan Anda Untuk Mengusapkan Shampo atau Sabun

Sensasi tetesan shampo atau sabun yang terkena bulunya secara langsung dapat membuatnya terkejut sehingga membuat ia tidak tenang. Untuk mencegah hal tersebut, tuangkan terlebih dahulu shampo ke tangan, gosok kedua tangan Anda baru kemudian usapkan shampo tersebut padanya.

Cegahlah Air Masuk Ke Telinga

Telinga merupakan bagian tubuh anjing yang sangat sensitif. Air yang masuk ke telinga dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Untuk menghindarinya, ada baiknya Anda tidak menyiramkan air ke bagian wajahnya, sebagai gantinya gunakan waslap untuk membersihkan daerah di sekitar mata dan mulutnya. Kebanyakan anjing juga senang ketika kepala, telinga dan wajahnya diusap.

Gunakan Kepala Pancuran Dengan Pengatur Tekanan

Ada baiknya Anda menggunakan kepala pancuran yang bisa disetel tekanan airnya, karena tekanan air yang tinggi dapat menyebabkan ia ketakutan. Ketika memandikan mulailah dengan memberikan tekanan air yang pelan setelahk mereka nyaman, Anda bisa menyetel tekanan airnya sedikit lebih tinggi.

Berikan Snack Ketika Ia Tampak Resah

Anda bisa menyiapkan beberapa snack dan letakkan pada tempat yang terjangkau oleh tangan. Ketika ia tampak resah atau mulai tidak tenang, berikan snack tersebut untuk mengalihkan perhatiannya. Karena Anda hanya memandikannya secara berkala, tidak masalah jika Anda memberikan snack lebih banyak daripada jatah hariannya.

Jangan Pernah Marah Atau Kesal

Memandikan anjing dapat menjadi hal yang mengesalkan, terutama jika ia tidak dapat diajak bekerja sama. Akan tetapi jangan sampai Anda marah ataupun kesal karena akan membuat anjing Anda menganggap mandi merupakan hal yang menakutkan. Hal ini akan membuat ia menjadi lebih susah dimandikan di kemudian hari.

Berikan Reward Setelah Selesai Dimandikan

Proses memandikan anjing akan menjadi lebih mudah dilakukan jika ada sesuatu yang bisa anjing Anda harapkan atau dapatkan setelah ia mandi. Anda bisa memberi hadiah kepada mereka berupa snack, perhatian, ataupun mainan setelah dimandikan. Hal tersebut akan membuat anjing Anda belajar bahwa setelah selesai mandi, mereka akan mendapatkan hadiah yang menyenangkan.

Memandikan anjing merupakan hal yang gampang-gampang susah. Menjadi susah bila Anda belum terbiasa dan ia tidak tenang dan susah diatur. Setelah membaca artikel di atas tentu Anda sudah tahu cara menenangkan mereka bukan?

Bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Artikel Menarik Lainnya