Tanya via WhatsApp

9 Langkah Mudah Mengatasi Kecemasan Perpisahan Pada Anjing

9 langkah mudah mengatasi kecemasan perpisahan pada anjing

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Daftar Isi

Kecemasan perpisahan adalah bentuk kecemasan dan ketakutan anjing ketika berpisah dengan pemiliknya. Kecemasan perpisahan pada anjing seringkali menjadi alasan utama mereka berperilaku panik, stress dan merusak. Hal ini biasanya ditandai dengan perilaku menggonggong, melolong, menangis, gemetar, dan mondar mandir. Mengatasi masalah kecemasan perpisahan sangatlah penting bagi anjing karena itu akan membuat mereka tenang dan bahagia ketika ditinggal. Berikut 9 langkah mudah mengatasi masalah kecemasan perpisahan pada anjing:

Jangan Biarkan Mereka Mengetahui Ketika Anda Akan Pergi

Anjing biasanya tahu ketika Anda meninggalkan rumah dari kebiasaan Anda seperti berganti pakaian, menyalakan mobil, atau memakai jaket. Anda bisa menyalakan mobil, mengenakan jaket, keluar masuk rumah tetapi janganlah pergi dulu. Ubahlah kebiasaan atau rutinitas yang Anda lakukan sebelum pergi, tujuannya adalah supaya anjing Anda tidak dapat menghubungkan kegiatan tersebut dengan kepergian Anda sehingga tidak memicu kecemasan perpisahan mereka.

Jangan Terlalu Antusias Ketika Anda Pergi Atau Pulang

Jangan terlalu emosional ketika Anda akan pergi dan jangan terlalu bersemangat ketika Anda kembali. Jika Anda terlalu berlebihan ketika Anda pergi ataupun pulang, Anda beresiko memperkuat ketakutan atau kecemasan anjing atas ketidakhadiran Anda. Ucapkan selamat tinggal dengan tenang kemudian pergilah dan ketika Anda pulang sapalah mereka dengan pelan kemudian tunggulah mereka tenang baru Anda hampiri mereka.

Pastikan Anda Membuat Mereka Lelah

Kebanyakan anjing menghabiskan waktu mereka dengan tidur sepanjang hari. Anda bisa mengajak mereka berolahraga sedikitnya 30 menit sebelum Anda pergi sehingga mereka kelelahan dan akan tidur ketika Anda pergi. Tetapi bila anjing tidak mendapatkan latihan secara cukup, mereka akan tetap terjaga dan mencari hal untuk dikerjakan selama Anda pergi.

Latih Anjing Anda Untuk Sendiri Ketika Anda Di Rumah

Suruh anjing Anda diam di kamar sendirian ketika Anda pergi ke bagian lain dari rumah. Jika mereka mempunyai kecemasan perpisahan mulailah dari 1-2 menit dan lanjutkanlah hingga 20-30 menit. Anda bisa memberikan anjing Anda mainan ataupun makanan untuk dikunyah untuk mengalihkan perhatian mereka selagi Anda berada di ruangan yang lain.

Tinggalkan Barang Dengan Bau Anda

Barang-barang yang memiliki bau Anda seperti pakaian kotor dapat membantu anjing Anda rileks dan mengurangi kecemasan mereka karena mereka tahu Anda akan kembali. Singkirkan benda-benda yang membuat anjing Anda stress seperti rantai, kandang atau choker. Sembunyikan snack di sekitar rumah sehingga mereka bisa mencarinya ketika Anda pergi. Setelah lagu dengan melodi yang lembut yang akan membuat mereka rileks dan tertidur.

Pergilah Ketika Anjing Anda Sudah Tenang

Ada baiknya Anda menunggu anjing Anda tenang sebelum meninggalkan mereka. Jika Anda mengajak mereka bermain atau latihan lalu langsung meninggalkan mereka, itu bisa membuat mereka menjadi lebih stress saat ditinggalkan karena mereka merasa sangat kehilangan. Sebaiknya Anda menunggu beberapa menit untuk anjing Anda tenang sebelum Anda pergi.

Berikan Tempat Personal Untuk Anjing Anda

Daripada Anda tidur bersama anjing Anda dalam satu ranjang, ada baiknya Anda meletakkan mereka di kasur yang berbeda tetapi dekat dengan Anda. Ini akan mengajarkan pada Anjing Anda untuk mandiri yang akan membantu meringankan kecemasan mereka saat ditinggal.

Jangan Tinggalkan Anjing Anda Terlalu Lama

Anda bisa meninggalkan anjing Anda dalam beberapa waktu tetapi biasanya setelah 6-8 jam mereka akan merasa cemas dan bosan. Ada baiknya jika Anda pergi lama bawalah serta mereka atau Anda bisa menitipkan mereka ke orang lain atau penitipan anjing.

Berikan Anjing Anda Obat Penenang

Anda bisa mempertimbangkan menggunakan obat penenang untuk mengatasi kecemasan perpisahan Anjing Anda yang parah. Konsultasikan kepada dokter hewan sebelum memberikan obat penenang. Pointnya adalah memberikan obat penenang akan membuat anjing anda cukup tenang untuk dilatih. Setelah mereka cukup bisa ditinggal segera hentikan konsumsi obat penenang.

Kecemasan perpisahan akan menyebabkan perilaku anjing yang tidak baik ataupun merusak. Hal itu juga dapat menyebabkan Anda tidak tenang atau khawatir ketika berpergian. Setelah Anda mencoba tips di atas apakah anjing Anda masih menangis atau melolong ketika ditinggalkan?

Bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Artikel Menarik Lainnya