Tanya via WhatsApp

7 Alasan Untuk Tidak Memotong Bulu Anjing Anda

7 alasan untuk tidak memotong bulu anjing anda

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Daftar Isi

Beberapa anjing memiliki dua lapis bulu (double coat) yaitu bulu luar (outer coat) yang kasar dan bulu dalam (under coat) yang halus. Bulu dalam adalah bulu yang biasanya rontok dan berceceran di rumah anda. Kedua bulu tersebut tumbuh terpisah pada anjing Anda dan memiliki panjang yang berbeda. Bulu luar lebih panjang dan cenderung tumbuh lebih lambat, sedangkan bulu dalam lebih pendek, tumbuh lebih cepat dan biasanya rontok dua kali setahun. Kebanyakan dari Anda suka memotong habis bulu dari anjingnya padahal sebenarnya tidak ada alasan untuk mencukur bulu tebal seekor anjing. Berikut 7 Alasan untuk tidak memotong bulu anjing Anda:

Anjing Dengan Double Coat Memiliki Kulit Sensitif

Kulit anjing ini lebih sensitive karena bulu tebalnya memang berfungsi untuk melindungi mereka dari terik matahari, gigitan serangga saat mereka beraktivitas. Jika anjing Anda dicukur, kemungkinan kulitnya akan mengalami iritasi, bintik-bintik dan mudah terbakar sinar matahari yang bisa mengakibatkanmereka akan menjilat kulit mereka secara berlebihan dan menjadi tidak nyaman bagi mereka.

Mencukur Tidak Membuat Kerontokan Anjing Anda Berkurang

Anjing dengan double coat mengalami kerontokan bulu dalam dua kali selama setahun. Dalam periode itu juga, anjing Anda juga akan mengalami sedikit kerontokan bulu luar dan itu normal terjadi pada hewan berbulu. Mencukur bukan merupakan cara mencegah kerontokan terjadi. Itu hanya akan memendekkan dan bahkan merusak bulu. Daripada Anda mencukur supaya bulu mereka tidak rontok lebih baik Anda membawa anjing Anda untuk grooming. Grooming bisa menyingkirkan bulu dalam yang sudah mati dan hanya menyisakan bulu yang sehat dan mencegah agar sisa bulu yang rontok tidak jatuh di rumah Anda.

Mencukur Akan Merusak Bulu Secara Permanen

Bulu dalam merupakan bulu yang pendek dan rapat sedangkan bulu luar lebih panjang, mengkilat, dan lebih kasar. Bulu dalam merupakan bulu yang tersisa ketika Anda mencukur anjing Anda dan bulu ini lebih cepat tumbuh dibandingkan bulu luar. Jika ini terjadi maka tidak ada bulu luar yang akan melindungi bulu dalam yang menyebabkan bulu dalam mudah rapuh dan rontok. Ini juga akan merusak siklus pertumbuhan bulu, membuat kerontokan tidak bisa diprediksi dan pada beberapa kasus membuat kerontokan tidak pernah berhenti.

Anda Bisa Memilih Ras Anjing Berdasarkan Bulu Yang Anda Suka

Dengan banyaknya pilihan ras anjing, Anda bisa menentukan anjing dengan bulu apa yang Anda suka. Apakah akan memilih anjing dengan double coat atau single coat? Jika anda tidak suka anjing yang berbulu rontok seperti pom, anda bisa memilih maltese atau poodle. Bulu anjing memiliki fungsi dan merupakan bagian dari anjing. Ada baiknya Anda mencari informasi tentang mereka sebelum memeliharanya.

Bulu Anjing Bisa Membantu Menjaga Suhu Tubuh Mereka

Jika anjing Anda memiliki bulu yang terawat, bulu mereka akan memberi kehangatan pada musim dingin dan memberi kesejukan pada mereka di musim panas. Selama bulu mereka tidak kusut ataupun dicukur, bulu bisa menjaga suhu tubuh anjing agar tetap stabil.

Bulu Dalam Tanpa Bulu Luar Akan Membuat Anjing Terlihat Jelek

Anjing memiliki bulu luar yang berkilau, lebih panjang dan lebih kasar tetapi memerlukan waktu lama untuk tumbuh. Jika Anda sering mencukur anjing Anda maka bulu luar akan tertutupi oleh bulu dalam. Bulu dalam terlalu rapat dan kurang menarik secara visual. Anjing yang memiliki bulu luar yang tebal terlihat lebih menarik dibandingkan dengan anjing yang dicukur.

Mencukur Anjing Dapat Meningkatkan Jumlah Allergen

Allergen merupakan penyebab alergi pada manusia ketika berada di dekat anjing. Banyak orang mengatakan bahwa mereka mencukur bulu anjing karena mereka alergi pada bulu anjing. Ini bukanlah sesuatu yang benar karena yang membuat alergi sebenarnya adalah ketombe dari anjing.  Jadi yang harus anda lakukan adalah menghilangkan ketombe anjing dan bulu anjing yang sudah mati dari anjing tersebut.

Setelah membaca artikel ini, Anda mengetahui bahwa mencukur anjing lebih banyak memberikan efek negatif bukan? Daripada mencukur anjing lebih baik Anda membawa mereka ke tempat grooming sehingga bulu yang mati bisa dibuang.

Bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Artikel Menarik Lainnya